Wednesday, January 14, 2015

GanbaJ Leaderboard
Bovie Sandhi7:53 AM 8 comments

Update akhir dari : Dareka no Tame ni Senshuraku Festival - 25 & 26 April 2015
Best performer pada GanbaJ The Review Season 1, adalah: Shania Junianatha

In Category :

8 comments:

  1. Hallo teman-teman #GanbaJ. Sebelumnya saya sangat mengapresiasi dedikasi dan dukungan teman-teman untuk tim J. Namun kalau boleh, saya juga ingin memberi masukan buat project teman-teman, terutama project leaderboard #GanbaJ yang teman-teman sedang kerjakan.

    Sebagai fans, buat teman-teman mungkin menyenangkan menyaksikan para member berusaha sekuat tenaga bersaing satu sama lain untuk menjadi yang paling baik, dan memang dari awal idol group ini dibuat demikian. Namun, taukah teman-teman kalau persaingan antar-member tersebut merupakan beban tersendiri untuk para member?.

    Terkait project leaderboard yang teman-teman kerjakan, mungkin tanpa teman-teman sadari dengan mengurutkan member menurut performanya - dengan kriteria yang (maaf) kurang representatif (jika kata "bias" mungkin terlalu tendensius untuk digunakan) - justru menegaskan dan membedakan para member berdasarkan kelas-kelas: member kelas atas; papan tengah; kelas bawah; kami seven; goddess member (atau apapun namanya). Pembedaan ini, meskipun teman-teman tidak menyebutnya dengan eksplisit, namun secara implisit pembedaan yang demikian tetap ada.

    Taukah teman-teman bahwa kelas-kelas seperti diatas tidak menyenangkan untuk semua member? pernahkah teman-teman membayangkan bagaimana perasaan "member papan bawah" yang sejak awal sudah tau posisinya akan berada di papan bawah (atau tier bawah, mengikuti bahasa teman-teman). sadarkah teman-teman kalau project teman-teman itu hanya memberikan tambahan tekanan buat mereka? Padahal tanpa project semacam ini tekanan persaingan diantara mereka sudah menjadi beban tersendiri.

    Saran saya, jika project leaderboard ini masih tetap teman-teman lanjutkan. Saya berharap teman-teman untuk tidak mencantumkan member di posisi bawah, cukup untuk member yang berada pada posisi 5 besar saja. Maaf jika comment saya terlalu panjang dan sok tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Resty :D
      Terima kasih sekali untuk perhatian dan masukkannya, saya sangat mengapresiasi komentar kamu.

      Untuk saran dari kamu: "Jika project leaderboard ini masih tetap teman-teman lanjutkan. Saya berharap teman-teman untuk tidak mencantumkan member di posisi bawah, cukup untuk member yang berada pada posisi 5 besar saja." - Sistem penilaian seperti ini pernah kami terapkan di #RanKIIIng dan hasilnya malah sangat tidak adil bagi member selain 5 besar tadi. Maka dari itu dengan adanya sistem tier, harapan kami bisa mencakup semua member yang tampil saat itu. Jadi mereka semua mendapatkan points.

      Dan tujuan sebenarnya dari leaderboard ini agar memacu semangat member untuk perform setiap harinya, dan kami juga akan sering mengajak reviewer tamu untuk mengurangi "bias" tersebut. Begitu harapan dari kami.

      Sekali lagi terima kasih atas atas komentar dan sarannya ya. Mungkin kapan2 kita bisa ngobrol2 dan diskusi saat ada jadwal teater, saya akan sangat senang :)

      Delete
  2. Seperti yang Rasty katakan, menurut saya beberapa ranking terbawah di leaderboard sebaiknya jangan ditampilkan. Meskipun kesannya akan memotivasi member, tapi di sisi lain akan membuat member tertekan dan minder.

    Masukan dari saya sih, optimalnya, cukup tampilkan 12 urutan teratas, sisanya jangan tampilkan namanya (atau nilainya juga bila diperlukan), cukup tampilkan symbol naik turun rankingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Freddy!
      Terima kasih atas waktunya untuk comment :)
      Masukkan yang sangat menarik untuk: "Cukup tampilkan symbol naik turun rankingnya". Akan coba didiskusi kan ya!

      Thank you!

      Delete
  3. masih bingung dengan penilaian leaderboard ini
    apalagi posisi Nabilah langsung lejit posisi 1 dgn penampilan cuma 1 kali heemmmm kupikir Beby..??? saya sangat senang kalo ada penjelsan lebaih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kinan, maaf balesnya agak lama :')
      Okay, sebelumnya silahkan dibaca scoring pts di about ini dulu -> http://ganbaj.blogspot.com/2015/01/about-ganbaj.html

      Penilaian adalah pts rata2 dari jumlah nilai yang diberikan oleh reviewer hari itu dibagi jumlah reviewer. Jadi muncullah nilai leaderboard.
      Semoga bisa membantu, thanks :D

      Delete
  4. min yang 1 Maret kemarin kapan update-nya..??? maaf baru liat blog ini soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah thank you DIana :) Untuk show 1 Maret besok malem ya.
      Thanks buat supportnya.

      Delete